Tutorial install quota harddisk Kali linux

QUOTA HARDDISK
A. TUJUAN :
Mahasiswa dapat mengatur/membatasi penggunaan kapasitas harddisk untuk setiap user.
B. TEORI SINGKAT :
Kuota merupakan salah satu fitur dari sistem operasi Linux. Melalui fitur ini penggunaan media penyimpanan dapat dikelola besarnya untuk tiap user ataupun group yang ada. Fitur ini berguna untuk mengendalikan penggunaan ruang harddisk oleh user.Pembatasan kuota ini dapat diberlakukan untuk tiap filesystem, file atau inodes (metadata file). Jadi, dapat dikatakan bahwa terdapat tiga jenis implementasi kuota pada Linux, yakni blocks quota, file quota dan inodes quota. Dilihat dari pembatasannya, terdapat dua jenis pembatasan yang dapat diberikan, yakni:
1. Hard limit, digunakan untuk membatasi kuota tanpa ada tolerasipenambahan file sehingga melebihi batas yang ditentukan. Misalnya, jika hard limit di set ke 2 GB, maka user tidak dapat membuat/menambah file lagi apabila kuotanya sudah terpenuhi.
2. Soft limit, apabila batas ini dilewati maka sistem akan menampilkan pesan peringatan bahwa file yang akan ditambahkan melewati kuota yang telah ditentukan. Namun, file tersebut tetap dapat ditambahkan tapi tetap tidak dapat melewati batas hard limit Misalnya, apabila kuota soft limit 1 GB telah terpenuhi, maka jika user menambahkan file lagi akan mendapatkan pesan peringatan dan file tetap dapat ditambahkan asal tidak melewati batas hard limit.
Pada sistem Linux fitur manajemen kuota ini telah ada sejak kernel versi 3.6.Pembatasan kuota ini pada Linux didefinisikan pada file aquota.user untuk Pembatasan kuota user dan aquota.group untuk pembatasan kuota grup.
C. PEMBAHASAN :
Pada praktikum kali ini kita akan mengatur disk quota pada sistem operasi linux centos berikut adalah penjelasan dari langkah-langkah praktikum yang telah saya kerjakan :
1. Install package kuota
Sebelum menginstal quota pastikan terlebih dahulu kita telah login sebagai super user /root jika belum dapat kita gunakan perintah seperti pada gambar di bawah :

Penjelasan :
Dari gambar diatas diketahui bahwa Perintah yum install quota berguna untuk menginstal perangkat lunak quota dimana kegunaan dari software quota itu sendiri adalah untuk melakukan manajemen harddisk(quota) pada sistem operasi yang sedang kita gunakan. Pada gambar diatas versi quota yang akan kita lakukan penginstalan adalah quota-3.17-23.el6.i686
2. Lihat versi quota
Untuk melihat versi quota yang telah kita instal tadi dapat digunakan perintah seperti berikut :

Penjelasan :
Perintah diatas hanya berguna untuk melihat versi quota yang telah kita install tadi dimana versi yang tertampil pada gambar diatas sama dengan versi pada pemberitahuan saat kita menginstall quota tadi
3. Ketik mount dan lihat directori home atau root

Penjelasan :
Dari gambar diatas diketahui bahwa Perintah mount berguna untuk melihat filesystem apa saja yang tersedia beserta mount-pointnya saat itu selain itu kita juga dapat melihat hak akses terhadap filesystem tersebut. Perintah mount hanya bisa dijalankan oleh superuser/root.
4. Edit file fstab

File fstab adalah file konfigurasi yang berisi informasi dimana partisi dan perangkat storage kita di”mount” dan bagaimana ia di”mount”.
5. Implementasikan user quota dan group quota pada root

Penjelasan :
Pada gambar diatas kita telah menambahkan usrquota untuk tiap user atau grpquota untuk grup pada directori root jadi dengan begini setiap user serta group bisa kita batasi penggunaan disk nya sesuai dengan package yang kita buat.
6. lakukan remounting dengan perintah berikut

Penjelasan :
Perintah diatas berguna untuk remounting file system yang sudah termount misalnya kita telah me mount point "/root" memiliki sehingga memiliki akses read only , dan kita ingin membuatnya memiliki akses read write kita tinggal remounting file sytem tersebut.
7. Cek quota

Penjelasan :
Dari tampilan diatas diketahui bahwa scanning directori rrot kita telah selesai dan dimana proses scanning tersebut dilakukan pada 10176 directori dan 102684 file yang berada pada directori root.
8. Mengaktifkan quota

Penjelasan :
Dari gambar diatas terdapat informasi bahwa group quota dan user quota telah turned on berarti quota kita telah aktif.
9. Menampilkan laporan penggunaan quota

Penjelasan :
Dari gambar diatas diketahui informasi mengenai laporan penggunaan quota pada masing-masing directori
10. Edit batas quota

Penjelasan :
  • Blocks berarti kuota yang dihitung berdasarkan ukuran (size) isi dari storage.
  • Inodes berarti kuota yang dihitung berdasarkan banyaknya file dan directory dalam suatu storage.
  • Soft berarti membatasi maksimal dengan sedikit toleransi, sedangkan hard berati tanpa toleransi dan benar-benar maksimal. Maksudnya begini, Anda membuat soft block 10000 dan hard block 10240 itu artinya jika Anda mengunggah berkas lebih dari 10 MB pas tidak akan bisa, sedangkan sekitar di 10000 Byte berati sekitar 9,76 Anda masih bisa mengunggah.
11. Melihat penggunaan quota user

Penjelasan :
Perintah diatas berguna untuk menampilkan penggunaan quota pada masing-masing directori yang digunakan oleh user dengan nama firman23
12. Switch user sebagai user yang baru anda buat dan lihat implementasi kuota yang diberikan terhadap user tersebut
.
13. Copy file lib
14. Perhatikan bahwa disk quota exceede

Penjelasan ;
Pada tampilan diatas terdapat error karena user berusaha untuk mengcopy file lib di bawah /lib dan karena limit quota untuk quota ini telah dilampaui, error di atas akan dimunculkan.
15. Lihat/cek kembali penggunaan quota dari user, perhatikan blocks dan limit quotanya
16. Switch kembali ke user root(user lama)
17. Tambahkan quota untuk ukuran file yang diberikan kepada user
18. Switch user ke user root(user lama)

Penjelasan :
Dari gambar diatas diketahui bahwa blok quota untuk direktori yang diberikan kepada user sudah bertambah.
19. Buat file kosong dengan nama file buku

Penjelasan :
Perintah diatas berguna untuk membuat sebuah directori baru dengan nama buku
20. Buat 1500 file dengan nama buku

Penjelasan :
Dari gambar diatas kita telah membuat file dengan nama buku dengan menggunakan perulangan for dimana persaratan pada pada perulangan tersebut jika file buku kurang dari 1500 maka akan di ulang-ulang terus dengan menambahkan satu per satu secara terus menerus sampai 1499 karena file buku pertama dimulai dari angka 0.
21. Lihat jumlah file terakhir adalah 1499 jika diperhatikan file dibuat dari 0-1499 sehingga jumlah file adalah 1500

penjelasan :
dari gambar diatas diketahui bahwa file terakhir adalah file dengan nomor 1499 sehingga jumlah file secara keseluruhan adalah 1500 karena pembuatan file dimulai dari nomor 0
22. Copy 1500 file tersebut
23. Perhatikan file ke berapa ia mulai ada tampilan disk quota exceeded

Penjelasan :
Pada tampilan diatas terdapat error karena user berusaha untuk mengcopy 1500 file buku pada directori buku dan karena limit quota untuk quota ini telah dilampaui, error di atas akan dimunculkan.
24. Masuk sebagai root dari user yang baru kita buat, kemudian ketik perintah berikut :

Penjelasan :
Perintah diatas digunakan untuk mengetahui maping atau alokasi penggunaan dari quota pada directori root dimana pada tampilan gambar diatas diketahui informasi mengenai blok quota yang masih belum digunakan, total quota yang disediakan dan lain-lain
D. KESIMPULAN
Dari praktikum tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen quota adalah sesuatu hal optional sehingga tidak wajib dilakukan, akan tetapi menjadi penting ketika kita ingin membatasi pemakain hardisk pada user.

0 Response to "Tutorial install quota harddisk Kali linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel