Membuat teks keren menggunakan teknik Clipping pada Adobe Photoshop

Hai kembali lagi di blog saya malasnugas.com . kali ini saya akan membahas tentang teknik
Clipping pada Adobe Photoshope yang dapat kalian gunakan untuk membuat tulisan keren.
Teknik Clipping ini sering dipergunakan dalam media promosi menggunakan teks dengan latar belakang yang berbeda. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
1. Buat sebuah dokumen baru dalam Photoshop.
2. Tambahkan sebuah teks (tuliskan nama panggilan anda, namun usahakan tidak terlalu panjang agar efek clipping-nya dapat terlihat jelas).

3. Posisikan teks tersebut agar berada di tengah.
4. Langkah selanjutnya adalah menambahkan tekstur untuk latar belakang teks tersebut. Tekstur yang akan dipakai adalah tekstur logam.
5. Tambahkan sebuah layer baru.
6. Pilih Gradient Tool (G), tombolnya di bawah Eraser Tool, satu kelompok dengan Paint Bucket Tool.

7. Kita akan membuat sebuah gradient baru. Klik pada bagian gradient seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, yang selanjutnya akan memunculkan jendela Gradient Editor.

8. Tambahkan tiga buah node seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Untuk menambahkan node cukup klik di bagian bawah gradient sejajar dengan node yang sudah ada. Sedangkan untuk menghapus node, klik dan drag node yang diinginkan ke bawah atau ke atas hingga hilang. Setelah selesai klik OK.
9. Tambahkan gradient yang baru saja dibuat. Arahkan dari ujung kiri atas bergerak ke kanan bawah. Caranya sama persis dengan cara menambahkan gradient di Adobe Illustrator.

10. Selanjutnya adalah menambahkan clipping.
11. Pilih layer gradient tersebut (jika belum) (1).
12. Tekan tombol ALT.
13. Arahkan mouse tepat di atas garis pembatas antara layer gradient dengan layer text (PS FX) (2) hingga kursor berubah menjadi berbentuk kotak dengan tanda panah ke bawah.

14. Selesai
15. Jika sebagian objek teks tidak tampak dengan jelas, kita dapat menambahkan beberapa efek, misalnya bevel & emboss atau juga drop shadow.
16. Keuntungan dari penggunaan efek clipping ini adalah jika kita ingin membuat tekstur berisi teks dengan latar belakang yang berbeda-beda, di mana dalam hal ini kita hanya perlu mengganti background texture-nya saja, atau bahkan cukup mengubah posisi baik teks maupun background texture.

0 Response to "Membuat teks keren menggunakan teknik Clipping pada Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel