Tugas PABX mengamati jaringan telepon rumah

1. Rumah Kabel (RK) / Feeder Point / Cross Connect Point
Ini adalah RK yang posisinya tepat di selatan blai lantip.

Huruf terakhir menyatakan posisi Rumah Kabel terhadap sentral. Kode A-Z, semakin mendekati Z berarti posisi RK semakin dekat ke sentral, begitu juga sebaliknya semakin mendekati A berarti posisi RK menjauhi sentral. Sedangkan huruf kedua menunjukkan STO. STO merupakan suatu nama lokas untuk menempatkan perangkat telekomunikasi, baik berupa perangkat aktif maupun perangkat pasif, untuk memudahkan pengisian dan pengenalainnya nama STO diisi dengan 3 karakterkode STO. Manhole merupakan suatu nama lokasi yang berada pada jaringan akses yang berfungsi sebagai tempat meletakkan closure (tempat penyambungan) dan sebagai routing kabel. Handhole o Handhole merupakan suatu nama lokasi yang berada pada jaringan akses yang berfungsi sebagai tempat meletakkan closure (tempat penyambungan) dan sebagai routing kabel.
Pada kondisi tertentu rumah kabel menggunakan Fiber optic sebagai jalur komunikasi data, biasanya rumah kabel jenis ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau pada perumahaan elit. Tujuannya adalah agar proses komunikasi data berjalan lebih cepat daripada menggunakan kabel coaxial, rumah kabel ini disediakan berdasarkan pemesanan, jadi apabila tidak ada pemesanan, pihak TELKOM tidak akan menyediakannya.


2. ODP
Berfungsi sebagai pembagi terakhir dan dapat menampung 8 jaringan sekaligus. ODP memakaikabel drop sebagai pembagi ke jaringan-jaringan rumah / kantor.Optical Distribution Point adalah tempat terminasi kabel yang memiliki sifat-sifat tahan korosi, tahancuaca,kuat dan kokoh dengan konstruksi untuk dipasang diluar. ODP berfungsi
sebagai tempat instalasi sambungan jaringan optik single-mode terutama untuk menghubungkan kabel fiber optic distribusi dan kabel drop.Perangkat ODP dapat berisi opticalpigtail, connectoradaptor, splitter room dan dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.
ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekatTiang.
  • . ODP Pole
    Jenis ODP ini Biasanya diletakkan pada tiang Telkom, untuk di daerah ODP inisudahadahampir di seluruhtiang Telkom di Jalan sudah ada juga di beberapa komplek perumahan untuk bentuknya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

  • ODP Closure
    ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dankabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekatTiang. Jenis ODP ini juga sudah banyak di Jalan A. untuk bentuknya dapat dilihat dari gambar berikut

3. CO (Centrall Office)
CO sebagai Server dan mengubah data ke sinyal optik dengan alat conveter E.O ( Electric To Optic) yang berkapasitas 2-10GB.Cara menyambungkan CO ke ODC adalah dengan menggunakan kabel Feeder yang berkapasitas besar. Dan disambungkan dengan cara Grounded / ditanam didalam tanah karena bentuk kabel Feeder sangat besar dan dapat merusak Tatanan kota.
4. ODC (Optical Distribution Cabinet)
ODC berfungsi membagi ke jaringan jaringan kecil ke perangkat yang dinamakan ODP (Optical Distribution Point). Cara menyambungkan ODC ke ODP dengan menggunakan kabel DISTRIBUTION.

0 Response to "Tugas PABX mengamati jaringan telepon rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel