conection oriented dengan protocol TCP
Monday, 24 September 2018
Add Comment
I.
TUJUAN :
Dapat mengimplementasikan aplikasi client-server yang menerapkan conection oriented dengan protocol TCP
II. PEMBAHASAN LAPORAN :
Pada praktikum kali ini saya bertindak sebagai klien dari server yang dioperasikan oleh teman saya. Computer client adalah computer yang meminta layanan tertentu kepada computer server sedangkan computer server adalah computer yang akan menawarkan layanan tertentu kepada computer client. Untuk melakukan komunikasi antara computer server dan client harus menggunakan cara yang sama sehingga proses share layanan dapat berlangsung.
1. Pembahasan program server
Penjelasan :
Ketika program server dirunning dan belum ada client yang terhubung maka hanya akan didapati tampilan “server telah siap!!” akan tetapi setelah ada client yang terhubung dengan server maka akan ditampilkan sebuah pesan yang di dapat dari client yang disimpan oleh server.
2. Praktik 1 bertindak sebagai computer Client
Hasil :
Pembahasan :
Ketika program client di running maka akan didapati tampilan sebuah pesan yang nantinya akan dikirimkan ke server untuk disimpan.
III. KESIMPULAN :
Penggunaan socket programming memungkinkan adanya komunikasi antara client dan server. Ketika seorang user (client) melakukan koneksi ke chat server, program akan membuka koneksi ke port yang diberikan, sehingga server perlu membuka socket pada port tersebut dan "mendengarkan" koneksi yang datang. Pada program ini, setelah program server di jalankan maka program client akan dapat mengirimkan pesan yang nantinya akan masuk di pc server.
Dapat mengimplementasikan aplikasi client-server yang menerapkan conection oriented dengan protocol TCP
II. PEMBAHASAN LAPORAN :
Pada praktikum kali ini saya bertindak sebagai klien dari server yang dioperasikan oleh teman saya. Computer client adalah computer yang meminta layanan tertentu kepada computer server sedangkan computer server adalah computer yang akan menawarkan layanan tertentu kepada computer client. Untuk melakukan komunikasi antara computer server dan client harus menggunakan cara yang sama sehingga proses share layanan dapat berlangsung.
1. Pembahasan program server
Ketika program server dirunning dan belum ada client yang terhubung maka hanya akan didapati tampilan “server telah siap!!” akan tetapi setelah ada client yang terhubung dengan server maka akan ditampilkan sebuah pesan yang di dapat dari client yang disimpan oleh server.
2. Praktik 1 bertindak sebagai computer Client
import java.io.BufferedReader;
//digunakan untuk mengimport kelas Socket yang
berada pada paket java.
//digunakan untuk mengimport kelas BufferedReader yang berada pada paket java.io import java.io.DataOutputStream; //digunakan untuk mengimport kelas dataoutputstream yang berada pada paket java.io import java.io.IOException; //digunakan untuk mengimport kelas IOException yang berada pada paket java.io import java.io.InputStreamReader; //digunakan untuk mengimport kelas InputStreamReader yang berada pada paket java.io import java.net.InetAddress; //digunakan untuk mengimport kelas InetAddress yang berada pada paket java.io import java.net.ServerSocket; //digunakan untuk mengimport kelas ServerSocket yang berada pada paket java.net import java.net.Socket; public class Client{ private static Socket socket; //merupakan atribut dari kelas client public static void main(String args[]){ try{ String host = "172.18.105.132"; //merupakan variable dari host yang berisi ip address dari pc server int port = 80; //pengisian port harus sama dengan port pada server InetAddress address = InetAddress.getByName(host); //merupakan objek dengan nama address yang digunakan untuk memanggil kelas inetaddress socket = new Socket(address, port); //akan mengirim pesan ke server OutputStream os = socket.getOutputStream(); //merupakan objek untuk memanggil kelas outputstream yang merupakan kelas bawaan java OutputStreamWriter osw = new OutputStreamWriter(os); BufferedWriter bw = new BufferedWriter(osw); String number = "FIRMAN"; String sendMessage = number + "\n"; bw.write(sendMessage); bw.flush(); //statement yang akan ditampilkan pada tampilan client jika sudah terhubung dengan client adalah sebagai berikut : System.out.println("Nama kelompok : " ); System.out.println("YOGA ADITYA PRATAMA 163310004 "); System.out.println("FIRMAN AGUS SAPUTRO 163310023 "); System.out.println("-------------------------------------- "); System.out.println("pesan ke server dari client : "+sendMessage); //akan mengembalikan pesan dari server InputStream is = socket.getInputStream(); //Merupakan objek untuk memanggil kelas outputstream dimana kelas outputstream merupakan kelas bawaan java InputStreamReader isr = new InputStreamReader(is); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); String message = br.readLine(); //untuk memanggil method readLine() ke dalam objek br System.out.println("pesan disimpan server : " +message); } catch (Exception exception) { exception.printStackTrace(); } finally { try { socket.close(); //untuk menutup soket } catch(Exception e) { e.printStackTrace(); }} }} |
Ketika program client di running maka akan didapati tampilan sebuah pesan yang nantinya akan dikirimkan ke server untuk disimpan.
III. KESIMPULAN :
Penggunaan socket programming memungkinkan adanya komunikasi antara client dan server. Ketika seorang user (client) melakukan koneksi ke chat server, program akan membuka koneksi ke port yang diberikan, sehingga server perlu membuka socket pada port tersebut dan "mendengarkan" koneksi yang datang. Pada program ini, setelah program server di jalankan maka program client akan dapat mengirimkan pesan yang nantinya akan masuk di pc server.
0 Response to "conection oriented dengan protocol TCP"
Post a Comment